nenk tya

nenk tya
scorpio_girl

Senin, 09 Januari 2012

Ciri - CIri Media Pendidikan

Ciri – Ciri Media Pendidikan
Menurut Gerlach dan Ely (1971) ada 3 ciri media pendidikan, yaitu sebagai berikut.
a.      Ciri Fiksatif (Fixative Property)
            Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek. Contohnya seperti: fotografi, video tape, audio tape, disket komputer, dan film. Dengan cirri ini, media memungkinkan suatu rekaman kejadian atau objek yang terjadi pada waktu tertentu ditransfortasikan tanpa mengenal waktu.  
            Ciri ini sangat berguna bagi guru karena seluruh kejadian/peristiwa/objek yang telah direkam atau disimpan dengan format media yang ada dapat digunakan setiap saat. Peristiwa yang kejadiannya hanya sekali dapat diabadikan dan disusun kembali untuk keperluan pembelajaran. Prosedur laboratorium yang rumit dapat direkam dan diatur untuk direproduksi berapa kali pun pada saat diperlukan.  Selain itu kegiatan siswa dapat pula direkam untuk dianalisis dan dikritik oleh siswa sejawat baik secara perorangan maupun kelompok.
b.      Ciri Manipulatif ( Manipulative Property)
            Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan dapat disajikan kepada peserta didik dalam waktu yang lebih singkat lima sampai sepuluh menit. Misalnya, bagaimana. proses pelaksanaan ibadah haji dapat direkam dan diperpendek prosesnya menjadi lima sampai sepuluh menit, demikian pula proses kejadian manusia mulai dari pertemuan sel telur dengan sperma hingga lahir menjadi seorang bayi. Di samping dapat dipercepat, suatu kejadian dapat pula diperlambat pada saat menayangkan kembali hasil suatu rekaman video. Misalnya, proses terjadinya gempa bumi yang hanya kurang dari satu menit dapat diperlambat sehingga lebih mudah dipahami oleh peserta didik bagaimana proses terjadinya gempa tersebut. 
c.       Ciri Distributif (Distributive Property)
            Ciri distributif dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar peserta didik dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu. Dewasa ini, distribusi media tidak hanya terbatas pada satu kelas atau beberapa kelas pada sekolah-sekolah di dalam suatu wilayah tertentu, tetapi juga media itu misalnya rekaman video, audio, disket komputer dapat disebar ke seluruh penjuru tempat yang diinginkan kapan saja, sehingga media tersebut dapat digunakan untuk banyak kelompok di tempat yang berbeda dalam waktu yang sama. Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, ia dapat direproduksi seberapa kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di berbagai tempat atau digunakan secara berulang-ulang di suatu tempat. Konsistensi informasi yang telah direkam akan terjaminsama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar