nenk tya

nenk tya
scorpio_girl

Senin, 09 Januari 2012

Contoh Modul

Modul
KEGIATAN BELAJAR 1:
IKTIKAF

A
. Kopetensi Dasar
Setelah melaksanakan belajar ini, diharapkan anda memiliki kopenensi sebagai berikut :
1. Menjelaskan pengertia i’tikaf
2. Menjelaskan hukum i’tikaf
3. Menyebutkan syarat i’tikaf
4. Mempraktikan i’tikaf

B. Materi Pokok
1. Pengertian i’tikaf
2. Hukum i’tikaf
3. Syarat i’tikaf
4. Tata cara i’tikaf

C. Uraian Materi
Tentu sebagai orang islam anda sudah sedikit banyaknya tahu tentang i’tikaf, entah itu baru hanya mendengar ataupun memahaminya. Kita sudah sering kali menjupai orang melakukan i’tikaf, khususnya ketika berada di masjid. Namun meskipun begitu mungkin masih ada dari sebagian kita belum mengetahui tata cara i’tikaf yang benar.
Nah, oleh sebab itu pada modul ini akan di pelajari lebih dalam lagi tentang i’tikaf, hukum, syarat dan yang paling penting tatacara melakukan i’tikaf. Untuk itu, bahasan selanjutnya akan mengajak saudara-saudara untuk memahami lebih dalam tentang i’tikaf.
Menginjak pada pembahasan pertama yaitu, pengertian i’tikap. Secara istilah i’tikaf diartikan menetapi terhadap sesuatu, namun jika dilahatdari segi syara’ i’tikaf adalah berdiam dilam masjid dengan niat khusus. Sekarang saudara-saudata tentu sudah mengetahui pengertia i’tikaf, dan selanjutnya kita akan membahas tentang hukum i’tikaf. Hukum i’tikaf adalah sunah jika dilakukan sewaktu-waktu. Namun apabila memasuki bulam ramadhan i’tikaf hukumnya menjadu sunat diajurkan, dan itu hukum i’tikaf menjadi sunah muakkat.
Ok, menginjak pembahasan berikutnya tentang syarat-syarat i’tikaf. Sayat utamanya ialah berniat dan berdiam didalam masjid namun selain itu masih ada tambahan yaitu bersih dari hadas besar maupun hadas kecil karna hal itu lebih utama.
Nah, tentunya kamu-kamu semua mempunyai pengetahun yang cukup tenyang i’tikaf. Dan untuk menambahi tentang pengetahuan saudara-saudara maka pembahasan terakhir ini adab atau tata cara i’tikaf. Adapun adab i’tikaf yaitu berdzikir, berzdikir sangat dianjurkan sekali sngat kita melakukan iktikaf karena selain kita beri’tikaf kita mengaharapkan pahala dari Allah. I’tikaf melupakan salah satu sarana untuk meraih ketenangan dan kedamaian jiwa. Adab yang kedua yaitu adlah puasa, i’tikaf akan sangat utama apabila dilakukan ketika kita berpuasa. Adab yang ketiga adalah dilakukan dimasjid jami’, artinya masjid yang dipakai untuk berjamaah dan yang terakhir adalah tidak berbicara kecuali untuk kebaikan. Itu sudah jelaskarna didalam masjid orang dilarang berbicara yang tidak bermanfaat kecuali untuk kebaikan.
Sekarang pengetahuan saudara-saudara tentang i’tikaf sudah bertambah dan tentunya saudara sudah menetahuai bagaimana tata cara melakukan i’tikaf yang benar. Harapan setelah saudara belajar i’tikaf, bisa mengamalkan apa yang telah dipelajari pada kesempatan kali ini.

D. Rangkuman
I’tikaf merupakan salah satu bentuk atau cara beribadah kita kepada Allah SWT. I’tikaf adalah berdiam diri didalam masjid yang disertai dengan niat yang khusus. I’tikaf hukumnya sunah, namun apabila memasuki bulan ramadhon sangat dianjurkan sehingga hukumnya menjadi sunah muakad. Adapun syarat i’tikaf yaitu berniat berdiam diri di dalam masjid dan suci dari hadas baik besar maupun kecil. Sedangkan adab i’tikaf ada empat yaitu : Berzikir, puasa, dilakukan di dalam masjid Jami’ dan tidak berbicara kecuali untuk kebaikan.

E. Latihan
Kerjakan soal-soal latihan di bawah ini sesuai dengan pengetahuan yang telah anda dapatkan, kerjakan dengan jawaban yang singkat dan jelas
1. Apa pengertian I’tikaf secara bahasa dan Sayara’ ?
2. Jelaskan kriteria I’tikaf yang benar menurut syariat islam ?
3. Jelaskan pendapat anda apakah I’tikaf boleh dilakukan selain di masjid ?
4. Bagai mana tata cara I’tikaf apabila orang tersebut sakit ?

F. Tes Mandiri
Kerjakan soal-soal pilihan ganda di bawah ini dengan tepat dan benar.Silanglah jawaban yang anggap anda benar.Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang anggap anda mudah. Mulailah dengan berdo’a. Selamat mengerjakan
1. I’tikaf Syara’ adalah I’tikaf yang dilakaukan dengan cara
a. Berdiam di masjid
b. Berdiri di Masjid
c. Berlari-lari di masjid
d. Menangis di Masjid
e. Berbicara di Masjid
2. Hukum dari I’tikaf adalah..
a. Wajib
b. Sunnah
c. Makruh
d. Mubah
e. Haram
3. Di bawah ini yang tidak diperbolehkan ketika beri’tikaf adalah....
a. Berzikir
b. Membaca Al-Quran
c. Berbicara yang tidak bermanfaat
d. Diskusi tentang agama
e. Membaca Hadist
4. Mana syarat-syarat I’tikaf yang paling tepat
a. Niat
b. Berdiam di dalam Masjid
c. Suci dari hadas
d. A dan C salah
e. A B dan C benar
5. Tujuan melakukan I’tikaf adalah
a. Mencari wangsit
b. Mencari Kecerdasan
c. Mencari rezeki
d. Mencari ketenangan jiwa dan pahala
e. Mencari pujia
G. Kunci jawaban

1. a
2. b
3. c
4. e
5. d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar