nenk tya

nenk tya
scorpio_girl

Senin, 09 Januari 2012

Fungsi dan Kegunaan Media PAI


Fungsi dan Kegunaan Media PAI
Fungsi media pendidikan secara umum, adalah sebagai berikut.
a)      memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat visual
b)      mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, misal objek yang terlalu besar untuk dibawa ke kelas dapat diganti dengan gambar, slide, dsb., peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat film, video, fota atau film bingkai
c)      meningkatkan kegairahan belajar, memungkinkan peserta didik belajar sendiri berdasarkan minat dan kemampuannya, dan mengatasi sikap pasif peserta didik
d)     memberikan rangsangan yang sama, dapat menyamakan pengalaman dan persepsi pesertadidik
Menurut Levie dan Lentz, fungsi dari media pendidikan  khususnya media visual adalah sebagai berikut.
a)      Fungsi Atensi, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian peserta didik untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b)      Fungsi Afektif, yaitu dapat terlihat dari tingkat kenikmatan peserta didik ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap peserta didik, misalnya informasi yang menyangkut masalah sosial atau ras
c)      Fungsi Kognitif, yaitu media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar
d)      Fungsi Kompensatoris, yaitu media berfungsi untuk mengakomodasikan peserta didik yang lemahdan lambat dalam menerima, memahami materi yang disajikan dalam bentuk teks atau verbal.
Adapun kegunaan/manfaat dari media pendidikan adalah sebagai berikut.
a)      Meletakan dasar – dasar yang konkret untuk berpikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme
b)      Memperbesar perhatian peserta didik
c)      Meletakan dasar – dasar yang penting untuk perkembangan belajar, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap
d)      Memberikan pengalaman nyata yang dapt menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan peserta didik
e)      Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu, terutama melalui gambar hidup
f)       Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa
g)      Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain, dan membantu efisiensi dan keragaman lebih banyak dalam belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar