nenk tya

nenk tya
scorpio_girl

Senin, 09 Januari 2012

Penggunaan Media


Penggunaan Media
A.    Media Berbasis Manusia
      Media berbasis manusia merupakan media tertua yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan/informasi. Langkah – langkah rancangan jenis pembelajaran ini adalah sebagai berikut.
1)      Merumuskan masalah yang relevan
2)      Mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang terkait untuk memecahkan masalah
3)      Mengajarkan pentingnya pengetahuan
4)      Melakukan eksplorasi siswa
5)      Mengembangkan masalah dalam konteks yang beragam dengan tahapan tingkat kerumitan
6)      Menilai pengetahuan siswa dengan memberikan masalah baru untuk dipecahkan
      Salah satu faktor penting dalam pembelajaran dengan media berbasis manusia ialah rancangan pelajaran interaktif. Pelajaran interaktif mendorong partisipasi siswa dan jika digunakan dengan baik dapat mempertinggi hasil belajar dan pengalihan pengetahuan. Sebagai penuntun untuk mengembangkan pelajaran interaktif dikemukakan langkah – langkah berikut.
a)      Mengidentifikasi pokok bahasan pelajaran
b)      Mengembangkan sajian pembelajaran yang mencakup semua informasi yang diharapkan siswa harus kuasai
c)      Membaca/mengamati keseluruhan penyajian dan menentukan di mana dialog – dialog interaktif digabung dan disisipkan.
d)     Menetapkan jenis informasi yang diinginkan dari siswa
e)      Menentukan pesan – pesan apa yang ingin disampaikan dengan kegiatan interaktif
f)       Menetapkan butir – butir diskusi penting
B.     Media Berbasis Cetakan
Media berbasis cetakan, misalnya teks. Pembelajaran berbasis teks yang interaktif dapat disajikan dengan hal – hal seperti berikut.
a)      Menyajikan informasi dalam jumlah yang selayaknya dapat dicerna, diproses, dan dikuasai
b)      Mempertimbangkan hasil pengamatan dan analisis kebutuhan siswa dan menyiapkan latihan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut
c)      Mempertimbangkan hasil analisis respon siswa dalam menjawab pertanyaan  atau mengerjakan latihan
d)     Memberikan kesempatan bagi siswa untuk dapat belajar sesuai kemampuan dan kecepatan mereka (siswa)
e)      Menggunakan beragam jenis latihan dan evaluasi seperti main peran, studi kasus, berlomba, atau simulasi
      Adapun cara yang digunakan untuk menarik perhatian pada media berbasis teks adalah warna, huruf, dan kotak. Warna digunakan sebagi alat penuntun dan penarik perhatian kepada informasi yang penting, misalnya kata kunci dapat diberi tekanan dengan cetakan warna merah. Selanjutnya, huruf yang dicetak tebal atau dicetak miring memberikan penekanan pada kata – kata kunci/judul. Informasi penting juga dapat diberi tekanan dengan menggunakan kotak.
C.    Media Berbasis Visual
Ada beberapa prinsip umum yang perlu diketahui untuk penggunaan efektif media berbasis visual sebagai berikut.
a)      Usahakan visual itu sesederhana mungkin dengan menggunakan gambar garis, karton, bagan, dan diagram.
b)      Visual digunakan untuk menekankan informasi sasaran (yang terdapat teks) sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.
c)      Gunakan grafik untuk menggambarkan ikhtisar keseluruhan materi sebelum menyajikan unit demi unit pelajaran untuk digunakan oleh siswa mengorganisasikan informasi.
d)     Ulangi sajian visual dan  libatkan siswa untuk meningkatkan daya ingat.
e)      Gunakan gambar untuk melukiskan perbedaan konsep – konsep
f)       Hindari visual yang tak berimbang
g)      Tekankan kejelasan dan ketetapan dalam semua visual
h)      Visual yang diproyeksikan harus dapat terbaca dan mudah dibaca
i)        Visual, khususnya diagram, amat membantu untuk mempelajari materi yang agak kompleks
j)        Unsur – unsur  pesan dalam visual harus ditonjolkan dan dengan mudah dibedakan dari unsur – unsur latar belakang untuk mempermudah pengolahan informasi.
k)      Caption (keterangan gambar) harus disiapkan
l)        Warna harus digunakan secara realistic
m)    Warna dan pemberian bayangan digunakan untuk mengarahkan perhatian dan membedakan komponen – komponen.
D.    Media Berbasis Audio – Visual
Salah satu pekerjaan penting yang diperlukan dalam media audio – visual adalah penulisan naskah dan storyboard yang memerlukan persiapan yang banyak, rancangan, dan penelitian. Berikut adalah beberapa petunjuk praktis untuk menulis naskah narasi.
a)      Tulisan singkat, padat, dan sederhana
b)      Tulisan seperti menulis judul berita, pendek, dan tepat berirama, dan mudah diingat
c)      Tulisan tidak harus berupa kalaimat yang lengkap
d)     Hindari istilah teknis, kecuali jika istilah itu diberi batasan atau digambarkan
e)      Tulisan berbentuk kalimat aktif
f)       Usahakan setiap kalimat tidak lebih dari 15 kata
g)      Setelah menulis narasi, baca narasi itu dengan suara keras
h)      Edit dan revisi naskah narasi itu sebagaimana perlunya
Storyboard dikembangkan dengan memprhatikan bebrapa petuntuk di bawah ini.
a)      Menetapkan jenis visual
b)      Memikirkan bagian yang akan diperankan audio dalam paket program
c)      Melihat dan meyakinkan bahwa seluruh isi pelajarn tercakup dalam storyboard
d)     Review storyboard
e)      Mengumpulkan dan memaparkan semua storyboard sehingga dapat terlihat sekaligus
f)       Mengumpulkan anggota tim produksi untuk merevisi dan mengeritik storyboard
g)      Mencatat semua komentar, kritik, dan saran – saran
h)      Merevisi untuk persiapan akhir sebelum memulai produksi
E.     Media Berbasis Komputer
Komputer berperan sebagai manajer dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer Managed Instruction (CMI). Ada pula yang namanya Computer Assisted Instruction (CAI), mendukung pembelajaran dan pelatihan akan tetapi bukan penyampai utama materi pelajaran. Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran secara umum mengikuti proses intruksional sebagai berikut.
a)      Merencanakan, mengatur dan mengorganisasikan dan menjadwalkan pengajaran
b)      Mengevaluasi siswa (tes)
c)      Mengumpulkan data mengenai siswa
d)     Melakukan analisis statistic mengenai data pembelajaran
e)      Membuat catatan perkembangan pembelajaran (kelompok atau perseorangan)
Format penyajian pesan dan informasi dalam CAI terdiri atas sebagai berikut.
a)      Tutorial terprogram, adalah seperangkat tayangan baik statis maupun dinamis yang telah lebih dahulu diprogramkan
b)      Tutorial intelijen, berbeda dari tutorial terprogram karena jawaban computer terhadap pertanyaan siswa dihasilkan oleh intelegensia artificial, bukan jawaban – jawaban yang terprogram yang terlebih dahulu disiapkan oleh perancang pelajaran
c)      Drill and practice, digunakan dengan asumsi bahwa suatu konsep, aturan atau kaidah, atau prosedur telah diajarkan pada siswa.
d)     Simulasi, memberikan kesempatan untuk belajar secara dinamis, interaktif, dan perorangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar